Iklan Google

Mesin UHT Sterilisasi dan Pasteurisasi

   Makanan dan minuman yang kita konsumsi keseharian mengandung berbagai mikroorganisme karena kontaminasi dari udara di sekitar kita, oleh karena itu perlu metode khusus untuk mengatasi proses pembusukan dari makanan dan minuman tersebut..Pemanasan dengan beberapa metode merupakan cara untuk menghindarkan makanan dan minuman tersebut dari pembusukan dengan menonaktifkan bakteri pathogen atau mikroorganisme pembusuk.  Namun pada metode pemanasan ini menyebabkan perubahan fisik,reaksi kimia,perubahan nilai protein dan nilai gizi pada makanan dan minuman tersebut, tetapi dengan kadar tertentu (tergantung produk).

   Metode pemanasan makanan dan minuman terdiri dari metode sterilisasi dan pasteurisasi dengan sistem HTST(High Temperature Short Time) atau LTLT (Low Temperature Low Time). Kedua metode pemanasan makanan dan minuman tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Sterilisasi merupakan metode pemanasan makanan dan minuman dengan memusnahkan seluruh bakteri dan mikroorganisme patogen beserta sporanya dengan suhu diatas 100 derajat Celcius dengan kurun waktu tertentu. Sedangkan Pasteurisasi merupakan metode pemanasan makanan dan minuman dengan hanya membunuh bakteri merugikan / pathogen saja, dan masih menyisakan bakteri penting dalam strukturnya dengan suhu dibawah 100 derajat celcius dalam kurun waktu tertentu.

   Kelebihan dari metode Sterilisasi dimana produk makanan dan minuman terutama minuman dapat disimpan dalam kondisi non freezer(tidak didinginkan) dalam kurun waktu 6 bulan, Kekurangannya terjadi perubahan rasa dan aroma dalam tekstur makanan/minumannya. Sedangkan kelebihan dari metode Pasteurisasi dimana rasa atau aroma produk minuman tidak rusak, tetapi kekurangannya tidak dapat disimpan lama dalam kondisi tidak dingin, jadi harus di simpan di kulkas / freezer. Produk yang biasa di pasteurisasi dan sterilisasi diantaranya susu, jahe, teh, teh mix rasa buah, buah anggur,minuman jus buah, madu, minuman mix, makanan kaleng, dll.

   Dalam teknologi pengawetan pangan digunakan beberapa alat untuk menghindarkan makanan dan minuman dari proses pembusukan yaitu dengan metode pemanasan seperti dijelaskan diatas, dan biasanya menggunakan Autoclave, UHT Direct & UHT Indirect, dan Pasteurizer. Penjelasan lebih detail :
Mesin UHT Sterilisasi dan Pasteurisasi ada 2 :

Informasi lebih lanjut. Hubungi :
Marketing
Telp           : 031-99780007
WA / HP : 082336669669
Email         : sales.indorekaduta@gmail.com 

No comments:

Post a Comment